Cara Aktivasi PPDB Online di CMS Sekolahku

1
304

CMS Sekolahku

CMS Sekolahku merupakan menjadi salah satu aplikasi website sekolah yang sedang berkembang dan banyak digunakan oleh sekolah-sekolah, lembaga-lembaga, dan kelas pendidikan lainnya, (sebagaimana yang saya sampaikan diartikel sebelumnya) karena aplikasi besutan Anton Sofyan ini tergolong open source yang mana para pengembang boleh mengedit sesuai kehendak tanpa menghilangkan pengembang CMS ini.

Setelah kamu melakukan instalasi, tentunya harus menyesuaikan/mengedit menu-menu sesuai dengan kebutuhan, salah satunya PPDB Online, karena fitur ini tidak otomatis aktif, maka kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya artikel saya ini sampai selesai.

Tahap Aktifasi PPDB Online

  • Pertama: masuk ke dasbor web CMS Sekolahku
  • Kedua: beralih ke menu Pengaturan – PPDB
  • Ketiga: rubah Tanggal masuk PPDB, caranya klik pada ikon pensil kecil sebelah angka 2.
  • Keempat: rubahlah tanggal, bulan, dan tahun pertama dibuka PPDB Online, misalkan 2018/02/01 dan pastikan tahun sesuai dengan tahun sekarang, tidak boleh tahun kemarin karena PPDB ini mau digunakan tahun sekarang, kemudian klik UPDATE, Sebenarnya pada tahap ini Formulir PPDB Online sudah bisa dibuka, namun ada item lain yang perlu di perbarui

CMS Sekolahku

  • Kelima: Untuk Tanggal selesai PPDB, Tanggal mulai pengumuman, dan Tanggal selesai pengumuman kamu sesuaikan dengan kalender pendidikan yang telah ditetapkan

Edit Kolom “Pilihan I” dan “Pilihan II”

Yang dimaksud “Pilihan I” dan “Pilihan II” disini, ketika kamu membuka formulir PPDB Online, ditahap “Registrasi Peserta Didik” kolom ke 2 dan 3, (lihat gambar dibawah) berisi kolom kosong, kolom ini bisa diisi dengan jurasan/minat. Cara settingnya seperti bawah ini.

CMS Sekolahku

  • Buka menu Peserta didik – Data referensi – Program keahlian kemudian klik ikon “tambah” dibagian atas, seperti gambar dibawah ini. dan isi dengan nama program pada “Program keahlian” dan nama singkat “program keahlian” sesuai dengan program yang ada di lembaga masing-masing, kemudian klik Save untuk menyimpan

CMS Sekolahku

  • Tambahkan program keahlian sebanyak 2 kali, caranya sama seperti diatas.
  • Sekarang refresh kembali halaman formulir PPDB Online apakah sudah ada perubahan? Jika benar, pasti ada.

Tahap terakhir, menambahkan “ReCaptcha”

Pada formulir pendaftaran akan mengalami gangguan tidak bisa disimpan setelah data selesai dinput sebelum klik tombol Simpan formulir pendaftaran, karena harus mengaktifkan reCaptcha untuk keamanan. Cara aktifasi bisa baca panduan dibawah ini.

CMS Sekolahku

  • Buka situs https://www.google.com/recaptcha/admin dan login menggunakan akun Google.
  • Isi label dengan nama kebutuhan contohnya PPDB Online CMS Sekolahku
  • Pilih reCaptcha V2
  • Isi Domain dengan alamat situs sekolahmu

CMS Sekolahku

  • Selanjutnya setujui peraturan, dan kemudian klik Register
  • Setelah berhasil daftar, akan muncul Site key dan Secret key, kode ini yang akan disimpan ke situs CMS Sekolahku ini.
  • Buka Pengaturan – Umum, lihat bagian Recaptcha Secret Key dan Recaptcha Site key kamu sesuaikan dengan kode yang berada di reCaptcha Google tadi. Mungkin ini sangat mudah.

CMS Sekolahku

CATATAN

Sebelum saya akhiri di artikel ini, ada sebuah catatan yang tak kalah pentingnya, yaitu bahwa yang saya pakai ini menggunakan CMS versi GRATIS, dan untuk versi GRATIS ini tidak bisa merubah kolom formulir, seperti menambah/mengurangi kolom serta mengedit nama kolom formulir PPDB, akan tetapi jika kamu seorang programmer yang jago coding itu mungkin saja bisa, karena sifat CMS Sekolahku ini open source yang bisa diedit sesuka pengembang.

Penutup

Demikian beberapa langkah untuk mengaktifkan PPDB Online di CMS Sekolahku ternyata tak hanya tanggal mulai dibuka PPDB Online tetapi ada langkah/tahap lain seperti menambahkan reCaptcha ini. Dan ternyata reCaptcha ini sangatlah penting, karena beberapa waktu kemarin saya kesulitan setting formulir PPDB di CMS ini sehingga tak bisa cetak formulir dikarenakan tak menyeting reCaptcha, tetapi setelah disetting, formulir PPDB lancar. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih 🙂

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.