Cara Custom Domain Blogger Dengan Subdomain [Update]

0
262

Blogger

Custom domain bisa disebut dengan merubah/mengalihkan domain bawaan blogspot ke domain sesuka kita, karena akan terlihat lebih menarik tanpa membawa embel-embel kata lain, cukup dengan nama pilihan kita dan ektensi TLD saja.

Mungkin menurut kalian custom domain misalkan dari namablog.blogspot.com dialihkan ke www.namablog.com itu sudah biasa, bahkan beberapa provider penyedia domain sudah menambahkan menu tersendiri untuk lebih mudah custom domain blogspot.

Ternyata tidak hanya root domain saja yang bisa dipakai, untuk subdomain juga bisa, dan caranya juga berbeda-beda, dulu saya pernah juga membawah custom domain, bisa kalian baca disini.

Pada saat ini saya share kembali tutorial terbaru merubah domain bawaan blogspot menggunakana subdomain dan menambahkan SSL gratis., dan cara ini sangatlah mudah.

Penasaran gimana caranya? Silahkan baca sampai selesai tutorial ini.

Pertama, kamu sudah menyiapkan domain yang sudah terhubung dengan cpanel, jika sudah buka akun cpanel kamu.

Kedua, buatlah subdomain sesuka kamu, dan setelah selesai langsung menuju dasbor blogger kamu.

Ketiga, buka menu Setelan > Dasar dan klik pada bagian Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda kemudian masukan URL subdomain tadi dan klik Simpan.

Blogger

Pada tahap ini biasanya mengalami kesalahan 9 seperti pada gambar dibawah ini.

Blogger

Keempat, kembali lagi ke akun Cpanel dan masuk ke bagian Zona Editor ini ada dibagian menu Domain

Blogger

Kelima, kemudian masuk ke bagian Kelola

Blogger

Keenam, hapus pada bagian TXT tepatnya di subdmain yang akan digunakan.

Blogger

Ketujuh, setelah kamu hapus, beralih kebagaian Tipe A Record IP rubah menjadi CNAME dan Recordnya ghs.google.com. atau bisa sesuaikan dengan kesalahan pada halaman Blogger tadi lihat tahap ketiga. Kemudian klik Save Record

Blogger

Kedelapan, selanjutnya masih sama seperti tahap diatas, rubah Nama Record dari www.subdomian ke root domain atau domain asli dan tambahkan dengan nama dari Bloggger, misalkan knznal7igruk.namablog.com . Sedangkan pada bagian Tipe rubah menjadi CNAME, dan pada Record isi dengan yang ada di Blogger tadi. Setelah selesai klik Save record

Blogger

Blogger

Blogger

Kesembilan, kembali lagi ke setelan > dasar blogger, dan reload atau muat ulang halaman, jika muncul peringatan pilih tinggalkan. Masukan kembali URL subdomain di bagaian Publikasi, jika masih muncul kesalahan 9 harap tunggu sekitar 15-30 menit karena ini membutuhkan propagasi.

Blogger

Jika sudah tidak muncul lagi kesalahan seperti gambar diatas itu artinya sudah berhasil, silahkan muat ulang halaman Blogger supaya diperbarui halaman.

Setting SSL untuk Custom Domain

Pada tahun 2018 ini Google memberikan fitur baru yakni bisa mendukung SSL pada Custom Domain, oleh karena itu kamu juga harus mengikuti peraturan yang ada, caranya gulir kebawah pada halaman Setelan > Dasar dan aktifkan Ya pada ketersediaan Https.

Perlu diingat tahap ini juga membutuhkan waktu propagasi tetapi tidak begitu lama, sekitar 10 menitan saja. Setelah hilang waktu tunggu atau propagasi aktifkan lagi pengalihan https supaya subdomain kamu langsung dialihkan ke https saat diakses, jika tidak maka akan tetap menggunakan http yang berarti kamu mengakses sambungan yang tidak dienkripsi.

Demikian cara merubah domain blogspot dengan subdomain, silahkan share tutorial ini ke teman kamu di media sosial supaya mereka juga mendapatkan maanfaat dari artikel ini. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.