Cara Mengawasi Anak Saat Download Game atau Aplikasi di Google Play

Bagikan ke:
Cara Mengawasi Anak Saat Download Game atau Aplikasi di Google Play

Semakin maraknya pengguna smartphone Android bukanlah hal mewah lagi, tetapi itu menjadi hal biasa dihari ini. Karena harga ponsel pintar ini relatif murah sekitar 700 ribu sampai 1 jutaan sudah dapat dibeli. Sehingga tidak mengherankan jika anak-anak jaman sekarang anak-anak TK atau SD sudah memiliki sendiri-sendiri, berkat murah hatinya seorang tua kepada anaknya.

Padahal umur-umur mereka ketika masih dibangku sekolah tidaklah pantas jika terlalu banyak untuk bermain game, jika terlalu banyak bermain game maka akan menyebabkan belajarnya terganggu. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua atau akan menjadi orang tua mulailah sekarang untuk memandu dan mengontrol selalu apa saja yang dilakukan anak mulai bangun tidur sampai tidur kembali dimalam hari, karena semakin perhatian orang tua terhadap anak akan menjadikan anak itu tidak melakukan hal-hal yang tidak baik untuk anak itu sendiri maupun orang lain.

Akan tetatpi tidak sedikit juga orang tua yang kurang memperhatikan terhadap anaknya terhadap gadgetnya. Karena mungkin mereka beranggapan bahwa sudah sewajarnya jika anak asik dengan gadget yang dimilikinya, karena orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaanya sendiri. Sehingga akan menjadi kurang pengawasan orang tua terhadap gadget yang dimainnya.

Banyak yang saya amati dari anak-anak sekarang, sebagian dari mereka ada yang sulit diatur oleh orang tua nya bahkan dididik oleh orang lain, karena mungkin terlalu banyak terkontaminasi oleh game-game dan film-film yang kurang mendidik, apalagi mereka sulit untuk belajar karena asyik main game dan game.

Game-game sekarang sangatlah mudah untuk didapat dan banyak situs juga yang meyediakan game gratis maupun berbayar. Bahkan ada yang online tanpa harus install aplikasinya. Kadang malahan karena anak itu terlalu asyik dengan game nge-game sampai-sampai meminta uang kepada orang tuanya untuk membeli game yang akan dimainnya, andai terjadi seperti ini terus maka akan menambah beban pada orang tua. Kasian,, sudah cari uang susah malah dibuat boros oleh anaknya.

Dibawah ini saya akan memberikan sedikit cara untuk menambahkan kontrol orang tua di google play, yang mana jika fungsi ini dilakukan maka aplikasi atau game yang ada di google play yang tidak patut dimainkan oleh anak-anak tidak akan ditampilkan. Berikut uraiannya :

  1. Buka aplikasi Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Di pojok kiri atas, sentuh Menu menu icon > Setelan > Kontrol orang tua.
  3. Aktifkan Kontrol orang tua.
  4. Buat PIN yang diperlukan pengguna untuk masuk guna mengubah setelan kontrol orang tua Anda. Sebaiknya gunakan PIN yang belum diketahui keluarga Anda.
  5. Pilih filter Anda:
    • Aplikasi, Game, Film, dan TV: Pilih tingkat kedewasaan konten tertinggi yang Anda izinkan untuk diunduh atau dibeli.
    • Musik dan Buku: Pilih apakah Anda ingin membatasi unduhan atau pembelian konten eksplisit atau tidak.
  6. Kontrol orang tua hanya diterapkan ke perangkat tempat Anda menambahkannya. Untuk menambahkan kontrol orang tua pada perangkat lain, ulangi langkah ini di perangkat yang lain. Jika memiliki beberapa pengguna di suatu perangkat, Anda dapat menyiapkan kontrol orang tua yang berbeda untuk setiap pengguna.

Fungsi kontrol orang tua ini untuk setiap jenis konten tidak tersedia di setiap negara. Jika Anda melakukan perjalanan ke suatu negara yang belum memilikinya, fitur ini mungkin tidak akan berfungsi hingga Anda kembali ke negara asal.

Tetapi dengan diaktifkannya fungsi diatas, belum bisa menjamin dengan penuh kepada anak sehingga bisa meminimalisir saat main gadget. Yang terpenting adalah pengawasan orang tua terhadap anak.
Setelah Anda membaca cara diatas, silakan Anda pratikkan, dan pandulah anak-anak ketika memainkan gadget supaya tidak kecanduan yang menyebabkan bisa malas untuk belajar. Saya do’akan semoga saya dan Anda mempunyai anak yang mudah dididik dan menjadi akan yang bermafaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa.
Pada kesempatan yang lain, In Sya Alloh akan saya tuliskan tentang aplikasi-aplikasi dan game apa saja yang bisa untuk mendidik anak.
Cukup sekian dan terima kasih, mohon maaf bila ada kesalahan dari saya..
Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.