Cara Mudah Instalasi CMS Sekolahku di Cpanel

Bagikan ke:

Instalasi CMS Sekolahku

CMS Sekolahku merupakan sebuah CMS atau aplikasi website untuk sekolah yang telah dirancang oleh Anton Sofyan dan kini telah lebih dari 200 lembaga sekolah menggunakannya, mulai dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas (SMA).

CMS Sekolah ini memiliki banyak kelebihan dan fitur lengkap, bisa dibilang All In One, semua kebutuhan sekolah ada di aplikasi ini. Mulai dari PPDB Online, pengaturan nilai raport dinamis pada PPDB, pengaturan master ujian, laporan presensi siswa setiap hari, pengaturan jadwal tes tulis siswa, dan masih banyak lainnya. Bisa kamu lihat disitus resminya sekolahku.web.id.

Aplikasi besutan Anton Sofyan ini mengusung dua versi, pertama Free Plan atau gratis, dan kedua berbayar. Untuk versi gratis juga tak kalah kaya fiturnya, juga tersedia PPDB Online yang siap digunakan, sedangkan yang berbayar dibandrol Rp. 1.250.000,- untuk selamanya, tidak ada tambahan biaya lainnya.

Cara instalasi CMS Sekolahku di Cpanel

Setelah kamu membaca ulasan singkat diatas, mungkin terbesit dibenak kamu, bagaimana cara instal nya di Cpanel? Baik. Dari yang saya ketahui, didalam situs resmi aplikasi ini hanya menerbitkan tutorial instalasi di localhost, yang artinya menginstal menggunakan XAMPP, yang akan saya uaraikan ini untuk instalasi di Cpanel, langsung bisa live di internet. Ok. Kita lanjutkan ke tutorial.

Tentunya, sebelum kamu install di Cpanel, kamu sudah mempunyai sebuah Domain dan Hosting dengan minimal berkapasitas 100 MB. Jika kamu belum mempunyai, silahkan beli Domain dan Hosting di Puskomedia.

#1. Unduh aplikasi disitus resminya

Silahkan kamu download disitus resminya, sekolahku.web.id

#2. Upload hasil ke file manager

Setelah selesai kamu download, upload-lah ke File Manager Cpanel/Hosting kamu. Boleh di root folder, subdomain, atau folder lainnya.

Baca Juga  Tidak Ingin Terlihat Online Di facebook? Gini Caranya

#3. Ektrak File

Setelah terupload, karena masih dalam keadaan terbungkus (.zip) harus kamu ekstrak terlebih dahulu, caranya klik satu kali tepat dibagaian file, dan lihat dibagaian atas ada menu Ekstrak, selanjutnya taruhlah ditemoat yang kmau kehendaki, Jika diroot folder, pilihkan /public_html

#4. Buat database baru

Langkah selanjutnya, buatlah Database baru di Phpmyadmin, caranya bisa kamu baca dipostingan saya di https://www.bekenweb.com/blog/cara-membuat-database-beserta-akunnya-di-cpanel/

#5. Konfigurasi database

Setelah membuat database baru, sekarang saatnya kamu menyinkronkan antara database dengan file aplikasi, caranya buka folder /application/config/database.php lihat dibaris nomor 78, 79, dan 80. Lihat gambar dibawah ini.

instalasi cms sekolahku

'username' => 'nama pengguna database',
'password' => 'password database',
'database' => 'nama database'

Setelah selesai, jangan lupa Simpan

#6. Rename folder “Install”

Selanjutnya, kamu rename atau ganti nama folder “Install” menjadi nama lain, yang pasti berbeda.

Sekarang saatnya kamu tes, apakasih masih terdapat error? Jika masih ada baca selanjutnya

Cara Login Dasbor CMS Sekolahku

Untuk masuk ke halaman dasbor akses link “namawebsite.sch.id/login”, username dan password secara default (bawaan) menggunakan “administrator” (tanpa tanda petik dan huruf kecil semua)

Catatan

instalasi cms sekolahku

Karena pada tanggal 29 mei 2018 masih pada mode pengembangan tepatnya di versi 2.2.0, masih terdapat sedikit masalah, untuk mengatasinya rubahkan mode “Development” menjadi mode “Production”, caranya buka file index.php dibagian root, editlah bagaian baris 56 menjadi:

 define('ENVIRONMENT', isset($_SERVER['CI_ENV']) ? $_SERVER['CI_ENV'] : 'production');

Sekarang coba, refres lagi halaman web, apakah masih error, semoga sudah fix.

Demikian cara mudah menginstal CMS Sekolahku di Cpanel, jika masih ada kesulitan silahkan tanyakan melalui kolom komentar atau hubungi nomor saya 0856-0816-8847 (wa). Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.