Hindarilah 5 Hal Ini Saat Kamu Isi Daya Smartphone

Bagikan ke:

Daya Smartphone

Smartphone saat ini memang menjadi salah satu yang tidak bisa dipisahkan dikeseharian kita, banyak saat-saat tertentu memang smartphone sangat dibutuhkan. Tentunya smartphone yang dipakai harus tetap aktif dan daya terisi dengan baik.

Saat kamu mengisi daya smartphone ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan, sebagai keselamatan buat kamu sendiri maupun untuk smartphone kamu sendiri.

Perlu diingat, pengisian daya smartphone harus dilakukan dengan hati-hati. Kamu tidak bisa begitu saja mengisi daya smartphone dalam waktu bersamaan saat menggunakannya untuk keperluan lain.

Berikut beberapa hal yang harus kamu hindari saat mengisi daya smartphone.

1. Jangan ngecas semalaman suntuk

Hal ini seringkali kita lakukan, namun siapa sangka ini sangat berbahaya, selain bisa mengurangi tahan lama baterai ini juga bisa menyebabkan ledakan pada smartphone karena berlebihan kapasitas pada baterai. Dan yang tak kalah penting jangan gunakan smartphone saat diisi daya dan usahakan juga data internet dimatikan.

2. Jangan letakan dibawah atau atas bantal tidur.

Walaupun ini sepertinya jarang dilakukan tetapi sebisa mungkin jangan kamu lakukan, karena akan bertambah panas pada smartphone itu sendiri, terkadang juga bisa memperlambat penuhnya isi baterai. Sebaiknya kamu letakan saja diatas bidang yang keras seperti kayu atau lantai.

3. Jangan gunakan charger palsu/bajakan

Sekarang memang banyak sekali kelompok-kelompok tertentu yang ingin meniru produk orang lain seperti memproduksi charger ini, banyak sekali charger yang kelihatannya sama namun itu bajakan.

Pada charger bajakan sangat minim untuk baik digunakan pada smartphone kamu, apabila tidak sesuai akan bisa menyebabkan kerusakan pada baterai sehingga akan cepat lowbet atau usang.

Seringkali saya jumpai, ada smartphone dalam keadaan dicas, saat disentuh akan bergerak tidak beraturan, sehingga saat menyetuh bagian tertentu akan mengarah kebagian lain yang tidak dimaksud, ini juga salah satu penyebab tidak menggunakan charger original.

4. Jangan sering gonta-ganti charger

Setiap memberi produk smartphone baru pasti sudah dibekali charger original, oleh karena itu sebisa mungkin jangan menggunakan charger lain, apalagi suka gonta-ganti. Karena bisa saja charger tersebut tidaklah mempunyai komponen yang dibutuhkan oleh baterai.

5. Jangan tunggu sampai baterai 0 persen

Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika kamu menggunakan smartphone hingga baterainya 0 persen, kemungkinan besar ini akan menurunkan performanya.

Demikian beberapa hal yang harus kamu hindari saat mengisi daya smartphone sebagai keselamatan diri sendiri maupun smartphone itu sendiri. Jika artikel ini bermanfaat, luangkan waktu sejenak untuk dibagikan dimedia sosial kamu. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.